Connect with us

DKI Jakarta

PIMPIN IARMI BERBAKTI, INI KATA BUSTAMI ZAINUDDIN

PIMPIN IARMI BERBAKTI, INI KATA BUSTAMI ZAINUDDIN

Sabtu, 12 Maret 2022
Jakarta – Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia atau yang lebih dikenal dengan IARMI merupakan wadah berhimpun para mantan/alumni Resimen Mahasiswa (Menwa). Organisasi beciri khas baret ungu ini berorientasi pada kesadaran akan hak dan tanggung jawab untuk turut serta berbela negara serta berwawasan patriotis kebangsaan. Dan ditahun 2022 ini Dewan Pimpinan Nasional Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Menwa atau DPN IARMI akan menyelenggarakan Rapat pimpinan nasional (Rapimnas) yang akan diikuti oleh kepengurusan IARMI ditingkat provinsi se-Indonesia.

Dalam rangka itulah digelar berbagai kegiatan sosial-kemasyarakatan, dengan tujuan lebih mendekatkan diri organisasi ini kemasyarakat. Kegiatan berupa Bakti Sosial yang bertajuk IARMI BERBAKTI ini di komandani oleh H. Bustami Zainuddin (anggota DPD RI Dapil Lampung) sebagai ketua panitia dan Erwin H Al-Jakartaty (Wadankonas Menwa Indonesia) sebagai Sekretaris di bantu oleh para fungsionaris DPN IARMI lainnya. Dan serangkaian event di gelar pada Sabtu, 12/3/22 berupa penanaman pohon, menyebar benih ikan serta menyusuri Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung di Balekambang serta dilanjut Donor Darah & Vaksinasi Booster di SDN 03 Pagi Cililitan, Jakarta Timur.

DPN IARMI sendiri di pimpin oleh Zulkifli Hasan (Wk Ketua MPR RI) sebagai Ketua Umum dan Ariza Patria (Wk Gubernur DKI Jakarta) sebagai Sekretaris Jenderal. Dalam giat IARMI BERBAKTI tampak Wagub DKI Jakarta Ariza Patria membuka dua acara baksos tersebut.

Dilokasi pertama di Padepokan Ciliwung Bang Lantur, Wagub DKI Jakarta ini disambut oleh seni palang pintu silat Betawi dan tarian Betawi, kemudian Ariza Patria beserta H. Bustami, serta P.A Rangkuti (mantan Ketum DPN IARMI) melakukan penanaman pohon didampingi oleh Aspem Walikota Jakarta Timur, Kaban Kesbangpol Jaktim, Camat Kramat Jati, Danramil & Kapolsek Kramat Jati serta lurah Balekambang. Dilanjut dengan penyebaran benih ikan mujaer ke kali Ciliwung, kemudian dengan menggunakan 4 perahu karet rombongan kecil itu melanjutkan dengan menyusuri kali Ciliwung ke lokasi kedua yakni SDN 03 Pagi Cililitan. Sebanyak 500 bibit pohon roa di tanam di sekitar bantaran kali dan 5000 bibit ikan juga ditebar.

Menurut sekretaris panitia, Erwin H. Al-Jakartaty, tujuan baksos di DAS Ciliwung ini adalah dalam kerangka konservasi alam dan lingkungan yang perlu di lestarikan di seputaran kali Ciliwung. “IARMI peduli akan upaya pelestarian alam dan lingkungan kota Jakarta, diantara nya dengan berkolaborasi sosial dengan komunitas pecinta Ciliwung dalam turut membantu program2 pemrov DKI Jakarta,” ujar Erwin yg juga Wasekjen DPN IARMI ini.

“Saya dan teman2 padepokan Ciliwung sebagai sebuah entitas pemerhati kelestarian Ciliwung yang merupakan urat nadi kehidupan kota Jakarta berharap dengan kehadiran Wagub DKI Jakarta Ariza Patria, bisa mendorong perhatian dari pemprov DKI Jakarta agar menciptakan destinasi wisata di kawasan Ciliwung ini, agar kelestarian Sungai ini lebih terjamin,” kata Bang Lantur, tuan rumah acara.

Setelah sekitar 15 menit mengarungi Kali Ciliwung, yang masih tampak asri di kawasan ini, acara berlanjut dengan donor darah dan Vaksinasi Booster, kali ini IARMI berkolaborasi dengan PMI DKI Jakarta guna membantu ketersediaan stok darah serta Puskesmas Cililitan dalam Vaksinasi Booster sebagai antisipasi penyebaran Covid 19 yg masih mengancam hingga saat ini.

Sementara itu, H. Bustami Zainuddin selaku ketua panitia menegaskan bahwa sebagai organisasi berwawasan bela negara, IARMI tetap Konsisten untuk peduli terhadap berbagai situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat baik tingkat daerah maupun nasional dan akan terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam berbagai bentuk kegiatan positif. “IARMI BERBAKTI merupakan tagline dari prinsip keorganisasian IARMI sebagai induk organisasi setiap alumni Menwa yang tetap peduli akan masalah2 kemasyarakatan dan kehidupan berbangsa dan bernegara. Upaya konservasi alam (penanaman pohon) ini dan juga donor darah serta Vaksinasi kali ini, merupakan bagian dari komitmen itu,” tegas Wakil Ketua Komite DPD RI ini.

Dalam kegiatan IARMI BERBAKTI ini juga di bagikan sembako kepada para masyarakat yang telah mengikuti donor dan Vaksinasi. Tercatat ada sekitar 150 peserta donor darah dan 150 peserta Vaksinasi Booster. DPN IARMI mengucapkan terimakasih kepada Pemprov DKI Jakarta , Pemkot Jakarta Timur, PMI, Paguyuban Ciliwung, Kepsek SDN 03 Cilitan, Jajaran Camat, Danramil, Kapolsek Kramat Jati, Lurah Balekambang dan Cilitan, Sekretaris DPP IARMI DKI Jakarta dan para pimpinan DPK IARMI se-Jakarta, Danmenwa Jayakarta dan jajaran serta pihak lainnya yang sudah membantu giat ini. Selamat dan Sukses DPN IARMI jelang pelaksanaan RAPIMNAS 2022.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in DKI Jakarta