Connect with us

Daerah

Dusun Besowo Timur dan Sidodadi Krisis Air Bersih

foto: Tim Redaksi

UNITINGINDIONESIA.COM Kediri —

Akibat bobolnya tanggul atau dam Lak Besowo, beberapa desa atau dusun mengalami krisis air bersih. Salah satunya di Dusun Besowo Timur dan Dusun Sidodadi. Hal ini diutarakan oleh Kepala Dusun Itarya Siswaba Kristiana Wibawa. Pria yang akrab dipanggil Bowo ini adalah sebagai kordinator kedua dusun tersebut saat ditemui di kediamannya Selasa (26/01/20).

Kepala Dusun (Kasun) Bowo sebagai penggerak dan koordinator bantuan air bersih di Dusun Besowo Timur dan Sidodadi.

“Yah.. di dua dusun masing-masing jumlah kepala keluarga di situ dusun Besowo Timur kurang lebih 430 kepala keluarga dan dusun Sidodadi 410 kepala keluarga ” ungkap Bowo.

Bowo menjelaskan juga akibat jebolnya tanggul ini untuk sementara mendapatkan pasokan air bersih dari rekan-rekannya di beberapa komunitas. Hal ini terjadi dikarenakan terlambatnya bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri untuk pasokan air.

“Saat ini yang kita butuhkan itu tangki air dan air bersihnya juga, karena saat ini warga sangat membutuhkan. Sebab ini merupakan kebutuhan primer.” jelasnya.

Bowo juga mengutarakan saat ini belum bisa diprediksi sampai kapan persoalan tanggul sebagai sumber mata air warga dapat diperbaiki dan harus mengambil keputusan cepat dalam setiap langkah mengingat sifat persoalan ini adalah bencana alam.

“Kami secara swadaya saat ini sudah membuat titik pengisian air di mana di titik ini kami letakan tangki air dan warga dapat mengambilnya sendiri. Tapi titik yang ada belum bisa mengcakup semua warga bahkan bagi warga yang jauh kami menggunakan kendaraan seadanya, mendatangi ke rumah warga untuk mendistribusikan air bersih ini.” pungkasnya. (Douglas Tobing)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Daerah