Connect with us

DKI Jakarta

FKKS Kecamatan Cakung Gelar Festival Pencak Silat Virtual Tropy Kasudin Pendidikan dan Tropy Camat Cakung

FKKS Kecamatan Cakung Gelar Festival Pencak Silat Virtual Tropy Kasudin Pendidikan dan Tropy Camat Cakung

Mesti saat ini masih berada pada Pandemi covid 19 serta masuk dalam PPKM level 1, namun tidak menyurutkan minat peserta didik untuk tetap berkreasi dan berprestasi pada olahraga pencak silat. Dan untuk mengapresiasi semangat siswa siswi SD dan SMP dalam olahraga Pencak Silat, Forum Komunikasi komite Sekolah (FKKS) Kecamatan Cakung bekerjasama dengan Pengkot IPSI Jakarta Timur menggelar lomba pencak silat secara online.

Lomba pencak silat ini akan memperebutkan piala tetap dari Kasudin Pendidikan 1 Jakarta Timur, Piala Camat Cakung dan dan Piala Ketua FKKS Kecamatan Cakung.

Dalam webinar tersebut, Ketua FKKS Kecamatan Cakung H Syamsul Bahri mengungkapkan, bahwa Festival Pencak Silat ini digelar dalam rangkaian HUT FKKS Kec Cakung dalam upaya membangun Tali Silaturahmi sesama komite sekolah maupun anak-anak peserta didik di sekolah-sekolah Kecamatan Cakung.

Melalui lomba Silat kita juga ingin menumbuhkan jiwa sportivitas dikalangan siswa-siswi, serta mendorong anak-anak untuk mengembangkan kemampuan olahraga Bela Diri untuk tujuan baik, serta dapat dikembangkan di masyarakat maupun sekolah.

Bagaimana Sekolah maupun peserta didik untuk ikut mengembangkan seni bela diri di sekolahnya, agar anak-anak lebih berkreasi di rumah maupun di sekolah, sehingga bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. Kita ingin membantu anak-anak kita agar tetap berolahraga dan berprestasi, ditengah Pandemi Covid 19 ini, dan lomba seperti ini akan kita gelar secara rutin tiap tahun, kalau saat ini digelar tingkat kecamatan Cakung, kedepan kita akan kembangkan untuk tingkat kota Jakarta Timur, ungkap H Syamsul.

Ketua panitia Festival Pencak Silat Kecamatan Cakung Endang Rachmansyah SPd juga menjelaskan bahwa peserta di khususkan bagi siswa SD dan SMP.

Bahwa festival ini digelar secara perorangan dan beregu atau kelompok, di mana peserta mengirimkan video hasil rekaman seni pencak silat, penampilan tunggal atau perorangan merupakan penampilan seorang pesilat yang memperagakan kekayaan teknik jurus pencak silat secara etis, efektif, estetis dan kesatria dengan tangan kosong maupun bersenjata, dilengkapi dengan aksesoris dan diiringi musik.

Sementara untuk penampilan berkelompok merupakan penampilan minimal tiga orang pesilat atau maksimal 5 orang pesilat dari kubu yang sama dengan memperagakan kekayaan teknik jurus pencak silat dan masing-masing berisi Putra maupun Putri dilengkapi dengan aksesoris dan diiringi musik dengan tangan kosong maupun bersenjata, paparnya.

Camat Cakung, Fajar Eko Satriyo S.STP.MA, mengaku sangat mensupport kegiatan yang sangat positif ini, karena Anak-anak peserta didik sudah lama tidak ada interaksi sampai sekarang, karena juga masih dibatasi aktivitasnya, namun itu tidak boleh untuk menghalangi kreativitas, tidak boleh menghalangi semangat untuk berkompetisi, oleh karenanya kegiatan Festival Pencak Silat atau lomba pencak silat secara virtual/online ini, sangat kami dukung.

Dan juga kita berharap ada bibit-bibit atlet pencak silat dari kegiatan kita yang nanti bisa dikembangkan untuk di level Selanjutnya. tentunya kita berharap dengan adanya kegiatan Festival Pencak Silat atau pertandingan secara virtual ini, yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 20 November 2021 ini bisa berjalan dengan sukses dan lancar, serta menemukan juara-juara dari peserta adik yang memang berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut ke tingkat yang lebih tinggi, harapnya.

Kasatlak Pendidikan Kecamatan Cakung, Anib, mengapresiasi event Festival Pencak Silat Kecamatan Cakung ini, yang digelar FKKS Kecamatan Cakung, Dan berharap Dewan Yuri bisa memberikan nilai yang netral dalam kegiatan ini, sehingga bisa membawa prestasi baru bagi peserta didik. apalagi pesertanya mencapai 250, ini perlu kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas untuk membina karakter peserta didik di tingkat SD maupun SMP, harapnya. (Red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in DKI Jakarta