Connect with us

Ragam

Dandim 0901/Smd Hadiri peresmian “Pasar Rakyat Balulug Lingau” oleh Walikota Samarinda

Dandim 0901/Smd Hadiri peresmian “Pasar Rakyat Balulug Lingau” oleh Walikota Samarinda

Samarinda- Dandim 0901/Samarinda Letkol Czi Eko Supri Setiawan, S.Sos.,M.Han menghadiri peresmian “Pasar Rakyat Balulug Lingau” (Eks. Pasar Dayak) di jalan PM Noor, Kelurahan Sempaja, Samarinda Utara oleh Walikota Samarinda, Dr. H. Andi Harun, S.T., M.Si.Rabu (8/2/23).

Pedagang di pasar dengan bangunan berornamen budaya masyarakat Dayak ini berjualan pernak-pernik suku Dayak atau cindera mata, kuliner, sembako, sayur-mayur, daging babi, ubi-ubian, pisang, buah-buahan, dan ikan, serta minuman ringan.

Tampak hadir mendampingi Wali Kota SamarindaAndi Harun dalam peresmian Pasar Rakyat Balulug Lingau diantaranya Dandim 0901/Samarinda Letkol Czi Eko Supri Setiawan, S.Sos.,M.Han, Kapolresta Samarinda Kombespol Ary Fadli S.I.K, Dandenpom VI-1/Smd, Letkol Cpm Sandry Oktami, Dansatpom Lanud Dhomber Mayor Pom Eko Zain Kusnanda, Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda, Marnabas, Wakil Ketua DPRD Samarinda, Rusdi, Forkopimda Samarinda, Kepala Lembaga Adat Dayak Kenyah Kaltim (LADK-KT) Ajang Kedung, dan Ketua Dewan Adat Dayak Kota Samarinda, Hendrik Tandoh.

Menurut Andi Harun, bangunan lapak di pasar Belulug, satu-satunya di Samarinda berciri khas ornamen Suku Dayak.

“Kita memang desain sedikit lebih unik, agar jadi daya tarik, tapi yang paling penting adalah pasar ini berfungsi. Pasar ini akan kita plot jadi pasar berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia), nanti kita lengkapi dengan IPAL (Instalsi Pengolah Air Limbah) dan ada ruang khusus bagi kendaraan bongkar muat barang,” ujarnya.

Ia berharap dengan fasilitas yang lebih bagus dan bersih membuat pengunjung datang lebih banyak dan bisa meningkatkan pendapatan pedagang maupun pendapatan kota, apa lagi yang dijual pedagang berbagai macam produk, mulai dari pernak-pernik suku Dayak atau cindera mata, kuliner, sembako, sayur-mayur, daging babi, dan ikan.

“Pasar bisa jadi alat mengungkit meningkatnya perekonomian kota,” tambahnya.

Pendim 0901/Smd

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Ragam