Connect with us

Uncategorized

YPLP PGRI Apresiasi Unindra Yang Konsisten Siapkan SDM Unggul, Kreatif, Inovatif, Cerdas serta Berkelanjutan

YPLP PGRI Apresiasi Unindra Yang Konsisten Siapkan SDM Unggul, Kreatif, Inovatif, Cerdas serta Berkelanjutan

Disela Wisuda Unindra, di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah pada Selasa 21 November 2023, Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (YPLP-PT) PGRI Jakarta, mengapresiasi seluruh Civitas Unindra yang konsisten mencetak Sumber Daya Manusia yang Unggul, Kreatif, Inovatif, Cerdas serta Berkelanjutan.

Ketua Pengurus Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (YPLP-PT) PGRI Jakarta, Drs H Diding Zainudin, MM dalam sambutannya mengapresiasi seluruh Pimpinan, Dosen serta Mahasiswa Unindra sebagai perguruan tinggi yang dapat dipercaya masyarakat, terbukti dengan jumlah mahasiswa di atas 40.000 orang, ini menunjukkan bahwa Unindra cukup besar dan berbagai capaian prestasi di tingkat Provinsi maupun tingkat nasional yang diraih di berbagai sektor oleh para dosen maupun mahasiswa.

Tingkat provinsi Unindra menjadi salah satu dari Perguruan Tinggi di Jakarta yang mendapat penghargaan Gubernur, yang telah turut mengatasi serta menuntaskan kemiskinan di wilayah DKI Jakarta, dan di tingkat nasional Unindra merupakan perguruan tinggi terakreditasi untuk meningkatkan kualifikasi ASN dari Kementerian kominfo. berdasarkan data Kemendikbud, Ristek dan Dikti pada 8 Maret 2023 dari 2.157 perguruan tinggi, Unindra termasuk 236 perguruan tinggi Cluster Madya. di bidang pengabdian kepada masyarakat, Yayasan mengapresiasi program pelestarian budaya melalui pergelaran wayang kulit yang dilaksanakan yang bekerjasama dengan TVRI yang bisa disaksikan di secara nasional, sehingga Unindra menjadi perguruan tinggi yang sangat konsen dalam pengembangan seni budaya, khususnya wayang, bahkan di tingkat nasional Unindra telah melaksanakan pergelaran wayang ke luar negeri, ke sejumlah Negara Asia maupun Eropa.

YPLP PGRI mengucapkan Terima kasih atas kontribusi dan dedikasinya, diharapkan tetap Memegang teguh visi dan misi, dalam upaya mendukung pembangunan SDM yang unggul kreatif dan inovatif serta berkelanjutan, bagi para Wisudawan, ini merupakan langkah awal perjalanan hidup wisudawan yang akan diuji dan dinilai oleh masyarakat, melalui karya nyata. untuk itu juga baik nama almamater, pinta H Diding Zainudin.

Rektor UNINDRA Prof Sumaryoto dalam sambutan serta laporan akademik menegaskan, bahwa Unindra saat ini genap berusia 19 tahun, sehingga masih tergolong muda, namun demikian perkembangannya cukup menggembirakan, dimana penerimaan mahasiswa baru semester gasal menerima 10.228 mahasiswa baru, sehingga jumlah mahasiswa yang dilaporkan ke LL-DIKTI saat ini berjumlah 42.267 orang. Dan saat ini Unindra telah membuka mahasiswa semester Genap bagi Program S2, serta bagi mahasiswa pindahan.

Untuk Dosen Unindra berjumlah 1.080 Dosen, dimana 1.067 dosen adalah dosen tetap yang digaji secara rutin tiap bulan, yang 13 dosen tidak tetap, dari sejumlah dosen Unindra tersebut 135 dosen sudah Doktor (S3), dan dosen yang masih S2 saat ini tengah menyelesaikan studi lanjut ke S3, sehingga Unindra telah membangun kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi, diantaranya Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pakuan Bogor, Universitas Islam Jakarta, Universitas Borobudur, Institut Seni Surakarta, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Trisakti.

Unindra saat ini telah memiliki 20 Program Studi, dimana 15 merupakan program Sarjana S1, dan 5 Program Magister S2, dan untuk menjawab tantangan pembangunan Unindra telah menambah Prodi Sistem Informasi Digital, Manajemen Ritel, Bisnis Digital serta Pendidikan Profesi Guru, sehingga bagi Sarjana yang dari prodi selain Keguruan, jika ingin menjadi Guru maka harus mengikuti kuliah Pendidikan Profesi Guru, dan kita bersyukur seluruh Prodi di Unindra telah mendapatkan akreditasi A maupun B, dan seluruh pelayanan akademik telah dilakukan secara digital, demikian juga proses perkuliahan dilakukan secara hybrid Learning, yaitu penggabungan perkuliahan secara Daring dengan tetap muka. Sebagaimana himbauan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Dikti. Sehingga proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan efektif.

Dalam mendukung Sarana Perkuliahan, Unindra juga telah memiliki 3 Kampus, yaitu Kampus A, B dan saat ini tengah menyelesaikan Kampus C di Depok, dengan fasilitas khusus untuk Diklat maupun Pendopo serta Gedung Pertemuan berkapasistas 700 orang, untuk itulah Unindra memberikan kesempatan pada Sarjana S1 untuk bisa Studi lanjut ke S2, ungkap Prof. H Sumaryoto.

Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-DIKTI) Wilayah III Jakarta, Prof. Toni Toharudin dalam sambutannya juga mengapresiasi Unindra yang tidak pernah memiliki catatatan buruk, serta terus berkontribusi yang signifikan dalam meningkatkan standar Pendidikan di Indonesia, sehingga hari ini menggelar Wisuda, sebagai wujud kesuksesan dan pencapaian bagi para mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akademik. Sehingga hari ini merupakan hari yang istimewa bagi para Wisudawan Unindra, dimana saat ini kita diharapkan dengan persaingan global yang sangat ketat, dimana terjadi peningkatan SDM yang signifikan serta berkualitas, untuk itulah para Wisudawan juga harus mampu terus berinovasi, tingkatkan kreativitas sebagai asset pembangunan bangsa Indonesia dalam turutserta menyongsong Bangsa Indonesia dalam menyambut Bonus Demografi.

Dalam salam menghadapi Bonus Demografi tersebut maka perlunya semangat entrepreneurship, untuk mengatasi tantangan yang ada, dan juga memberikan kontribusi yang sangat positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan pembangunan bangsa. Ada tiga alasan utama, yang pertama semangat interpreneurship menciptakan peluang kerja terutama dalam situasi dimana persaingan mendapatkan pekerjaan konvensional sangat ketat, kedua semangat interpreneurship mendorong kreativitas inovasi, dan juga leadership yang sangat diperlukan di era teknologi dan perubahan yang sangat cepat ini. Ketika semangat entrepreneurship memberikan kemandirian ekonomi dan kontrol atas masa depan finansial. Untuk itu saya ucapkan selamat kepada para wisudawan dan Wisudawati Unindra, ungkap Prof. Toni Toharudin.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua PGRI Provinsi DKI Jakarta Dr. H Adi Dasmin, MM yang mengapresiasi Civitas Unindra yang telah melaksanakan pendidikan hingga hari ini menyelenggarakan Wisuda ke 89, dimana para Wisudawan akan memasuki fase baru serta dalam kehidupan baru, apakah mengabdikan diri ke Pemerintah, Dunia Usaha maupun sebagai Seorang Wirausahawan, dimana kedepan persaingan sangat ketat, dan kuncingan adalah “Perubahan”, apalagi di bidang ekonomi telah muncul Uang dalam bentuk Digital, berbasis teknologi yang tidak terkait oleh Pemerintah.

Perkembangan ilmu di mana pengetahuan tumbuh di mana-mana dan bisa dari sumber perubahan dalam berbagai situasi, untuk bisa berkontribusi di lingkungan kerja saudara, penting bagi saudara untuk terus-menerus terlibat dalam pengetahuan dalam menjawab kebutuhan. dan budaya ilmiah yang harus dikembangkan dalam perubahan, yaitu sikap yang jujur, terbuka, kesetaraan dan keunggulan bersama, sesuai dengan program Unindra yang ingin mencapai perguruan tinggi unggul.

Para Wisudawan hari ini akan berubah statusnya, dimana pada nama akan ada embel-embel gelar akademik yang terhormat dan bermartabat, ada Sarjana Pendidikan, Sarjana Teknik, Sarjana Komunikasi bahkan Magister Pendidikan serta Magister Management, dan keberhasilan para wisudawan tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan hasil dari upaya perjuangan, pengorbanan waktu, Tenaga, Fikiran dan lain-lain, terutama doa dari kedua orang tua. Disamping itu Unindra juga memiliki peran, yang hari ini meraih gelar terhormat, untuk itu para wisudawan jangan lupa terhadap kampus, yang memberikan gelar terhadap para wisudawan, ajak rekan, Sahabat karib, Rekan sejawat dan saudara untuk kuliah di Unindra. baik S2 maupun S1, pintanya. (Red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Uncategorized