Connect with us

Olahraga

Universitas Islam Jakarta, IPSI Dan Kemenpora, Siapkan Pesilat Nasional Melalui UIJ Open Championship 2023

Universitas Islam Jakarta, IPSI Dan Kemenpora, Siapkan Pesilat Nasional Melalui UIJ Open Championship 2023

Pencak Silat sebagai olahraga Seni Bela Diri Tradisional yang berasal dari Indonesia, dengan menggunakan Seni Pukulan dan Tendangan serta tumbuh dan berkembang pada suku bangsa Nusantara, yang saat ini berkembang di Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina Selatan dan Thailand Selatan, bahkan telah di akui Dunia melalui UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda dari Indonesia, membuat beberapa negara di Eropa seperti Amerika, Jerman, Belanda hingga Australia turut mengembangkan Pencak Silat, sehingga dalam pertandingan tidak saja ajang tingkat Nasional, ASEAN, hingga Internasional.

Dan dengan pengakuan UNESCO maka kita semua berkewajiban turut melestarikan dan mengembangkannya, dan pada sabtu dan minggu 4-5 Februari 2023, bertempat di Gelanggang Remaja Cempaka Putih Jakarta Pusat, Universitas Islam Jakarta bersama Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) serta didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI) serta Disorda DKI Jakarta menyelenggarakan UIJ OPEN CHAMPIONSHIP 2023.

Ketua Panitia Kejuaraan Pencak Silat UIJ Open Championship 2023, Ardiansyah. Disela-sela lomba pada Wartawan menjelaskan, bahwa meskipun ini bukan kejurnas, namun diikuti oleh peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, baik dari perkakilan Universitas maupun dari Perguruan Pencak Silat dari warga Masyarakat. dan Jumlah peserta 488 pesilat dari tingkat SD, SMP, SMA maupun Universitas serta Masyarakat umum. dari berbagai kalangan dan daerah.

Untuk lomba dengan kelas-kelas yang dipertandingkan/ klasemen pertandingan kita ada dari kelas A, B, C dan untuk pertandingan umum, dilombakan sampai dengan Cluster berat yaitu F. Dan Kejuaraan Pencak Silat UIJ Open Championship 2023 ini direpon positif oleh Kemenpora. ini memang sudah dilegalitiskan oleh Kemenpora, kita sudah mendapatkan izin, dan sertifikat kejuaraan pun juga sudah ditandatangani oleh Asisten Deputi tiga Kemenpora, Dr Bayu dan beliau Alhamdulillah hadir kemarin saat pembukaan dan memberikan sambutan.

Dimana Kemenpora RI berpesan, agar kejuaraan Pencak Silat UIJ Open Championship 2023 yang diadakan Universitas Islam Jakarta serta para Juara bisa sertakan pada lomba di tingkat dunia atau di Olimpiade, dan insyaAllah nanti akan direalisasikan di Olimpiade. Karena Pencak Silat sudah diperlombakan tingkat Dunia. Dimana sebelumnya pencak silat tidak masuk Olimpiade hanya di Asian Games atau tingkat Asia Tenggara, kemudian masuk tingkat Asia. Dan Alhamdulillah saat ini di tingkat dunia di Olimpiade, Kita bersyukur peserta bertanding dengan cara yang sportif, dengan cara yang bermoral dan beretika, ungkap Ardiansyah.

Rektor Universitas Islam Jakarta, Prof Raihan usai menyerahkan Tropy Kejuaraan pada Pesilat berprestasi menegaskan, bahwa Universitas Islam Jakarta mendukung penuh iven lomba ini, apalagi Pencak Silat merupakan olahraga asli Indonesia, dimana Pencak Silat akarnya dari Budaya bangsa Indonesia, dan Pencak Silat telah menjadi Unit Kegaitan Mahasiswa di Universitas Islam Jakarta, jadi iven ini bukan dadakan, tetapi sudah terorganisir dengan baik, karena UKM Pencak Silat Universitas Islam Jakarta telah melahirkan Juara-juara Silat Nasional maupun tingkat ASEAN, untuk itulah dua hari ini kita menyelenggarakan UIJ OPEN CHAMPIONSHIP 2023.

Iven ini sengaja kita gelar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/K hingga Perguruan Tinggi dan Umum, yang kita harapkan dapat mengangkat para pesilat pemula sampai ke iven juara Regional, Masional maupun Internasional, untuk itulah selaku Rektor saya mensuport Iven Lomba Pencal Silat ini yang nantinya akan kita gelar tiap tahun, yang diharapkan peserta juga akan semakin meningkat, baik kualitas maupun kuantitasnya, apalagi dengan belajar Silat maka akan mampu meningkatkan mental pesilat, dan mendorong anak-anak bangsa turutserta melestarikan dan mengembangkan Silat sebagai Warisan Budaya Bangsa, hingga mereka kelak tampil sebagai juara ditingkat Regional, Nasional, ASEAN hingga Olimpiade (Tingkat Dunia), ini wujuk peningkatan budaya dan seni Olahraga Silat asli Indonesia, tegas Prof Raihan.

Ari Suwarso Atlet Nasional yang turut tampil aktraksi Pencak Silat dari Merpati Putih mengaku sangat mengapresiasi Universitas Islam Jakarta yang mengadakan turnamen Pencak Silat, dan ini satu-satunya Universitas di Jakarta yang memfasilitasi para Pesilat untuk bertanding menjadi yang terbaik, untuk itu diharapkan untuk selanjutnya, juga diharapkan berlanjut tiap tahun, karena selama ini kejuaraan banyak digelar Kejuaraan Yudo, karete atau yang lain, namun hari ini kita bisa menyaksikan kejuaraan Pencal Silat Universitas Islam Jakarta, bahkan dua hari ini digelar bukan hanya tingkat Mahasiwa, tetapi juga tingkat SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi dan Umum, jadi ini betul-betul membanggakan, karena diharapkan dapat berkesinambungan, tegasnya.

Wulung Pamukti, Pelatih dan Pembina UKM Silat Universitas Islam Jakarta, juga menegaskan bahwa iven lomba Pencak Silat ini merupakan upaya memberi ruang bagi para Pesilat yang selama ini belajar di Padepokan Silat maupun di Ekstra kurikuler SD.SMP dan SMA maupun Unit Kegiatan Mahasiswa di Kampus-kampus, agar melakukan uji tanding sebagai tolak ukur mereka dalam belajar Pencak Silat, dan seluruh panitia adalah dari Unit Kegiatan Mahasiswa dari Universitas Islam Jakarta.

Jadi saya juga sebagai pembina Pencak Silat di DKI Jakarta, ini wujut pembinaan pesilat dari usia dini sampai ke tingkat dewasa, juga untuk memupuk mental, spiritual maupun prestasi dari para atlet Silat, mulai dari usia dini sampai ketingkat dewasa, untuk mencapai prestasi prestasi nasional hingga ke olimpiade dunia, tegasnya. (Red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Olahraga