Connect with us

DKI Jakarta

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, PMI Siap Desinfeksi Sekolah-sekolah di Ibukota

 

Jelang Pembelajaran Tatap Muka, PMI Siap Desinfeksi Sekolah-sekolah di Ibukota

Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta siap mendukung Pemerintah Daerah DKI Jakarta melaksanakan pencegahan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan  cairan desinfektan (Desinfeksi) ke sekolah-sekolah di Jakarta bila melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

 

Ketua PMI DKI Jakarta, H. Rustam Effendi mengatakan, PMI siap mendukung Pemda DKI Jakarta melakukan penyemprotan desinfektan ke sekolah-sekolah yang akan menyelenggarakan pelajaran tatap muka.

Untuk melaksanakan dukungan itu, PMI DKI Jakarta telah menerima bantuan sarana desinfeksi dari PMI Pusat yang diserahkan langsung oleh Ketua PMI HM. Jusuf Kalla di Gudang Logistik Markas Besar PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (10/6/2021).

“Sesuai dengan arahan Ketua PMI Pusat, PMI DKI siap mendukung Pemda DKI Jakarta untuk men-steril-kan lingkungan sekolah yang akan melaksanakan tatap muka dengan penyemprotan cairan desinfektan,” katanya.

Menurut dia, kegiatan pencegahan Covid-19 itu akan melibatkan 300 relawan PMI dengan menggunakan 7 unit mobil gunner, 30 mobil pickup, 200 alat spraying elektrik, dan sekitar 20 ribu liter cairan desinfektan.

Bila sekolah tatap muka dilaksanakan, Rustam Effendi menambahkan, lingkungan sekolah, ruang kelas, dan fasiltas lainnya harus terbebas dari Covid-19, sehingga proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan tenang dan aman.

“Desinfektasi salah satu upaya pencegahan, terpenting pihak sekolah senantiasa melaksanakan dan menjalankan protokol kesehatan dengan ketat agar siswa dan elemen sekolah lainnya terjaga dari Covid-19,” tegasnya.

Kepada PMI wilayah Kota dan Kabupaten, Rustam Effendi menekankan agar PMI wilayah segera mempersiapkan sarana dan prasarana desinfeksi untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut.

“PMI wilayah harus melaksanakan dengan baik, semangat dan penuh tanggung jawab melakukan disinfektasi ini. Lakukan koordinasi intensif dengan para Walikota, Sudin Kesehatan, Sudin Pendidikan, Camat, dan Lurah serta instansi dan atau unit terkait,” tuturnya.

Dari siaran media PMI Pusat disebutkan, bahwa Personel PMI Provinsi disiagakan untuk membantu pemerintah setempat menanggulangi lonjakan kasus Covid-19. PMI juga mengirimkan masker dan perlengkapan perlindungan diri ke beberapa daerah di Jawa Tengah.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla menerangkan, selain penyiagaan personel dan pengiriman logistik, PMI akan mengalihoperasikan sejumlah armada disinfeksi (gunner) ke wilayah-wilayah zona merah. Armada tersebut, lanjutnya, akan didukung tim disinfeksi yang menyisir pemukiman serta fasilitas publik.

“Dalam rapat koordinasi, para kepala Markas, khususnya yang di Jawa Tengah, sudah kami instruksikan untuk penguatan operasi. Kami juga di Markas Pusat akan menyediakan logistik yang diperlukan,” terang JK, Kamis (9/6/2021).

Sejauh ini, dukungan logistik yang telah dikirim di antaranya masker medis, masker kain, alat penyemprot disinfektan, baju hazmat,  sarung tangan, serta pail kaporit.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in DKI Jakarta