Connect with us

Uncategorized

Gerakan Merawat Bumi, PDIP Jaktim Tanam 150 Pohon dan Tebar 15.000 benih ikan Di Waduk Rambutan 2

Gerakan Merawat Bumi, PDIP Jaktim Tanam 150 Pohon dan Tebar 15.000 benih ikan Di Waduk Rambutan 2

Dalam rangkaian peringatan HUT PDI Perjuangan yang ke 49, jajaran pengurus dan simpatisan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan kota Jakarta Timur, menggelar kegiatan merawat bumi dengan penanaman 150 pohon serta menebar benih 15.000 ikan di Waduk Rambutan 2, Kecamatan Cicacas Jakarta Timur. Hadir dalam kegiatan sosial tersebut Walikota Jakarta Timur yang diwakili Kepala Kesbangpol Jaktim, Ahmad Yani dan Kapolres Metro Jakarta Timur yang diwakili Waka Polsek Ciracas pak Totok, Wakil Camat, Alamsyah, Lurah Rambutan dan Kodim 0505/JT yang diwakili Babinsa Kampung Rambutan, serta jajaran Pengurus DPC, PAC Ranting serta badan maupun sayap PDI Perjuangan Jaktim maupun tokoh Masyarakat Ciracas.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur, Eko Witjaksono menjelaskan, bahwa hari ini DPC PDI Perjuagan melakukan bakti sosial di Waduk Rambutan 2, karena disini fasilitas pendukung belum terbangun sehingga kita memilih Waduk Rambutan 2. Dan kegiatan ini disamping memperingati HUT PDI Perjuangan ke 49, juga dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Sukarnoputri, yang ditandai dengan penanaman 75 Pohon trembesi sebagai simbol Ulang tahun ke 75 dimana Beliau memiliki prinsip bahwa Gerakan Merawat Bumi merupakan gerakan merawat kehidupan juga, jadi ini akan terus kita gelorakan didalam tubuh PDI Perjuangan Jakarta Timur.

Dengan telah ditanamnya Pohon ini, kita juga berharap akan partisipasi warga untuk menjaga tanaman tersebut, tidak membuang sampah di Waduk, hingga di tempat yang cukup indah ini kedepan diharapkan bisa menjadi tempat yang indah dilihat serta menjadi tempat interaksi warga, bahkan bisa menjadi sarana wisata di Jakarta Timur, hingga meningkatkan pendapatan warga sekitar waduk Rambutan 2, jadi tolong jaga waduk ini, ungkap Eko Witjaksono.

Ketua DPC PDIP Jaktim, Dwi Rio Sambodo disela bakti sosial tersebut juga menegaskan, bahwa hari ini kita gelar kegiatan “Rawat Bumi”, sebagai bentuk politik hijau dengan menanam 150 Pohon jenis Trembesi, Mahoni dan Rambutan sebagai ciri khas disini, kita tidak sekedara menanam, namun juga merawat pohon, dan kita juga akan menebar benih 15.000 ikan jenis Ikan Lele, Ikan Mas dan Ikan Nila Di Waduk Rambutan 2 Kecamatan Ciracas Jaktim ini. dan untuk menjaga kebersihan di lingkungan Waduk Rambutan 2 ini juga akan kita sediakan tong sampah, agar warga masyarakat tidak membuang sampah ke sungai maupun ke waduk, namun bisa pada tempatnya di tong sampah yang nantinya diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah. Kegiatan ini juga wujud Kepedulian sesama makluk hidup, untuk itu jajaran PAC Ciracas maupun Ranting harus merawatnya, tegasnya.

Sebagaimana permintaan warga sekitar Waduk agar Waduk Rambutan 2 ini lebih cantik, maka kita juga akan melakukan penataan, baik dalam kebersihan, keamanan, ketertiban maupun nantinya kita buatkan warung-warung yang rapi, serta tempat parkir, sehingga bisa menjadi tempat pariwisata.

Disamping kegiatan di Waduk Rambutan 2, kita juga telah melakukan hal serupa di 11 titik di kecamatan lain, dengan kontinuitas selama tahun 2001 hingga ditahun 2022, di masing-masing wilayah, bahkan kita bekerjasama dengan badan konservasi untuk melakukan pelestarian lingkungan hijau, saya atas nama PDI Perjuangan mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada para Pimpinan Pemkot Jakarta Timur maupun DKI Jakarta, yang dengan luar biasa selama ini berkolaborasi dalam melakukan aksi penghijauan dan menjaga lingkungan hidup, dan ini sebuah kebanggaan serta penghormatan bagi segenap PDI Perjuangan di mana pun juga. Dan melalui program Aksi Politik Hijau merawat Bumi ini juga wujud semangat gotong royong, ini harus terus kita kembangkan untuk bersama-sama membangun Jakarta, dan program ini terus kita lakukan hingga 31 Mei serta menyongsong Hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni, dan pada hari ini kita merayakan Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati ke 75, kita doakan agar Beliau tetap sehat, serta semangat memimpin partai, tegas Dwi Rio Sambodo.

Kepala Kesbangpol Jaktim, Achmad Yani Rivai Jusuf, SH, M.Si usai melakukan penanaman pohon di Waduk Rambutan 2 pada wartawan menjelaskan, bahwa Kota Administrasi Jakarta Timur sebagai bagian dari Provinsi DKI Jakarta memiliki luas wilayah 187,7 KM atau mencapai 28,37% dari luas total wilayah Provinsi DKI Jakarta, sementara jumlah penduduk kota Jakarta Timur berjumlah 3,04 juta jiwa, atas hal tersebut kota Jakarta Timur dinobatkan sebagai kota dengan jumlah penduduk terbanyak, dan kota terluas di Provinsi DKI Jakarta, atas hal tersebut kita perlu memastikan bahwa wilayah kita perlu memiliki daya dukung lingkungan yang baik, bagi penduduknya untuk kehidupan. Oleh karena itu kami sangat apresiasi atas kegiatan penanaman pohon ini.

Untuk itu kami mengapresiasi jajaran PDI Perjuangan yang hari ini menanam pohon dan menebar benih ikan di Waduk Rambutan 2, sebagai upaya merawat bumi dan melestarikan bumi kita, hingga nantinya bisa menjadi hutan kota di sekitar waduk, kita juga berharap di tampat lain seperti ini bisa juga dilakukan, kegiatan penghijauan oleh keluarga besar PDI Perjuangan ini merupakan partisipasi dalam mewujudkan kota Jakarta Timur yang nyaman bagi seluruh warga kotanya, melalui pelestarian alam serta memiliki orientasi yang jauh ke depan, menyangkut masa depan anak cucu kita, untuk keberlangsungan hidup generasi penerus kita di masa yang akan datang. Dan kita juga berharap Ormas lain bisa mengikuti bakti sosial seperti ini, dalam turutserta merawat bumi, demi masa depan bangsa, pinta Achmad Yani. (Nrl/Pry).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Uncategorized