Connect with us

Hukum

Berbelit Kasus Mobil Leasing, Kapolsek Cikarang Timur Di praperadilankan

Berbelit Kasus Mobil Leasing, Kapolsek Cikarang Timur Di praperadilankan

Sidang Praperadilan Ke. 2 di PN Cikarang Bekasi kembali digelar, secara marathon dalam satu minggu ini, dimana dalam persidangan pertama termohon Kapolsek Cikarang Timur
AKP Bambang Krisnadi tidak hadir, dan persidangan ke dua Senin 28/11/2022, diwakili kuasa hukum dari Tim Hukum Polres Kabupaten Bekasi AKP Sukarman, S,H.,dan IPDA SAEFUDIN HUSNI, S,H.

Penasehat hukum Iwan Ghazin, KH.Moh. Mas Noto. S. Lamri, SH, yang juga Ketua Pusat LBH Mutiara Yustisia dan Presiden Eksekutif Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Advokat Indonesia mengaku merasa kecewa dan dirugikan atas ketidakhadiran Kapolsek Cikarang Timur dalam sidang tersebut.

Saya selaku penasehat hukum Iwan Ghazin dalam hal ini akan melayangkan surat kepada pihak jajaran Polri atau Mabes Polri, Kabid Propam, Polda Metro Jaya dan Irwasda sehubungan dengan adanya tindakan oknum atas perbuatan dugaan salah tangkap terhadap Iwan Ghazin, ” paparnya.

Lebih jelas KH.Moh. Mas Noto. S. Lamri, SH, menambahkan, dengan adanya tindakan yang tidak sepatutnya bahwa Iwan Ghazin langsung ditangkap, karena ini delik aduan.
Setidaknya pihak penyidik pembantu Polsek Cikarang Timur, harus ada panggilan awal atau diawali dengan panggilan undangan klarifikasi karena masih kadar lidik atau penyidikan.

Maka dari itu penasehat hukum tetap berupaya lakukan pembelaan demi hukum pemohon Iwan Ghazin, “ucapnya.

Pihaknya mengajukan Pemohon Praperadilan, atas penangkapan serta penahanan saudara Iwan Ghazin oleh Polsek Cikarang Timur. Atas laporan Saudara Irwan yang mengaku pemilik kendaraan Toyota Inova Reborn ( B 1910 CJK )
KH. Moh. Mas Noto. S. Lamri, SH.

Bahwa kliennya Iwan Ghazin, telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kapolsek Cikarang Timur, dengan dugaan penipuan dan penggelapan, padahal saudara Ghazin adalah orang yang menggadai kendaraan saudara Irwan, anehnya Irwan yang telah menerima uang gadai tersebut justru melaporkan ke Polsek Cikarang Timur, dan Ghazin yang telah menyerahkan uang justru di tangkap atas pelaporan Irwan, dengan tuduhan penggelapan kendaraan.

Kendaraan Inova B 1910 CJK tersebut ternyata kendaraan milik saudari ibu Evita Effendi (STNK Mobil) istri Pak Dodi (Akat Kredit) yang masih dalam kredit Leasing, dan bukan milik Irwan, jadi saudara Irwan tidak punya kewenangan dalam pelaporan tersebut, ini kami melihat ada kesalahan prosedur hukum, dalam penangkapan dan penahanan klien kami.

Jadi hari ini kita hadir di persidangan, agar Yang Mulia Majelis Hakim Pengadilan Negri Bekasi membatalkan surat Penahanan saudara Iwan Ghazin, pintanya.

Ditempat yang sama Ketua LPPKI JAWA BARAT Pantas Siregar juga menjelaskan, “Untuk kedua kalinya Kapolsek Cikarang Timur mangkir dari sidang praperadilan hari ini, tapi beliau diwakili oleh kuasa hukumnya dari Kabid Hukum Polres Metro Bekasi Polda Metro Jaya, yaitu AKP Sukarman, S,H., IPDA SAEFUDIN HUSNI, S,H. Selaku Seksi Hukum Polres Metro Bekasi Polda Metro Jaya yang bertindak untuk dan atas nama Kapolsek Cikarang Timur sebagai termohon.

Sidang hari ini berjalan cukup lancar walaupun ada penundaan yang seharusnya jadwal pukul 10.00 pagi ditunda puku jam 15.00.

Majelis hakim yang mulia memberi jadwal sidang selanjutnya yaitu tanggal 29, 30 November dan tanggal 2 Desember sampai tanggal 5 Desember 2022.

Jadi ini sidang maraton sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia yaitu maksimal 7 hari kerja.

Dengan adanya kinerja dan pelayanan yang baik dari Pengadilan Negeri Cikarang Pusat ini kami sangat berterima kasih.

Dan kami yang sedang mencari keadilan berharap kedepannya sidang berjalan dengan lancar dan baik.

Saya juga berharap penasehat hukum Iwan Ghazin, KH.Moh. Mas Noto. S. Lamri, SH selalu sehat dan dapat melaksanak pembelaan ini sampai sidang selesai, “ucapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Advertisement

More in Hukum