Connect with us

Daerah

2 Sosok Penting di Balik Seragam Satpam Mirip Seragam Polisi

Seragam Satpam mirip seragam polisi

Uniting Indonesia. com, Bandung –
Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto menyinggung dua sosok penting paling berjasa atas lahirnya kebijakan perubahan seragam Satpam mirip seragam polisi di acara Rapat Koordinasi Korbinmas Baharkam Polri-ABUJAPI, sekaligus Sosialisasi Perpol Nomor 4/2020, di Hotel Savoy Homann, Bandung, Jawa Barat, Kamis, 15 Oktober 2020.

Sosok pertama, kata Komjen Agus Andrianto adalah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang menyetujui pergantian seragam Satpam mirip seragam polisi, dengan syarat-syarat tertentu seperti gradiasi warna hingga 20 persen dari seragam Polri.

“Saat Bapak Kapolri menandatangani Perpol Nomor 4/2020 ini, saya secara resmi mengucapkan kepada beliau, ‘Pak, ucapan terima kasih kami dari Baharkam Polri dan keluarga besar ABUJAPI, keluarga besar Satpam, kita sudah mengangkat profesi mulia Satpam di bawah koordinasi dan pembinaan Polri,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

Sosok kedua yakni almarhum Jenderal Pol (Purn) Awaloeddin Djamin, yang berkat jasanya profesi Satpam hadir di Indonesia. Selain sebagai pencetus berdirinya Satpam, almarhum juga sejak dulu menginginkan seragam Satpam mirip dengan seragam polisi.

“Kita harus berterima kasih kepada Pak Awaloeddin Djamin. Karena beliau, yang kita kenal sebagai Bapak Satpam Indonesia, yang sebenarnya bercita-cita untuk profesi Satuan Pengamanan ini seragamnya kalau bisa jangan terlalu jauh dari seragam kepolisian,” ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

Saat Jenderal Pol (Purn) Awaloeddin Djamin menjabat Kapolri, ia menerbitkan Surat Keputusan Nomor SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan tertanggal 30 Desember 1980, yang menandai awal lahirnya profesi Satpam. Selanjutnya tanggal 30 Desember diperingati sebagai hari jadi Satpam di Indonesia.

Pada 30 Desember 1993, Polri resmi mengukuhkan Jenderal Pol (Purn) Awaloedin Djamin sebagai Bapak Satpam dengan mempertimbangkan jasanya sebagai pelopor berdirinya Satpam di Indonesia. (Dadan Hardian)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Daerah