Connect with us

DKI Jakarta

Gerebek Lumpur Kali Sekretaris Jalan Sasak III, Jakarta Barat

Excavator dan puluhan pasukan Pelangi sedang melakukan pengerukan di Kali Sekretaris Jalan Sasak III, Jakarta Barat

Uniting Indonesia. com, Jakarta –
Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Alam (SDA) Jakarta Barat melakukan pengerukan Kali Sekretasis Jalan Sasak III, Kamis (15-10-2020).
Di lokasi, 4 unit excavator sedang melakukan mengerukan dibantu puluhan pasukan Pelangi.

Tujuan pengerukan itu sendiri adalah untuk mengamankan daerah hulu agar aliran air yang mengalir sampai hilir, lancar. Dari pengalaman yang ada, Kali Sekretaris Jalan Sasak III pasti tergenang apabila saat hujan dengan curah hujan yang sangat tinggi.

Sekedar informasi, berdasarksn trase, lebar Kali Sekretaris Jalan Sasak III seharusnya 20 meter namun kondisi saat ini sekitar 5 meter. Dan sepanjang Kali adalah rumah padat penduduk sehingga pengerukan tidak dapat dilakukan terlalu dalam,maksimal kedalaman 1 meter.

“Ini (pengerukan Kali Sekretaris) merupakan kegiatan lanjutan dimana awal Januari 2020 sudah mulai dilaksanakan di daerah Sukabumi Selatan. Namun karena Covid sempat terhenti dan sekarang dilanjutkan kembali. Ke depan akan ada normalisasi Kali, “kata Kasudin SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari di lokasi pengerukan di Kali Sekretaris Jalan Sasak III, Kamis (15-10-2020).

Gerebek Lumpur Kali Sekretaris Jalan Sasak III, lanjut Purwanti Suryandari, tujuannya untuk mengamankan daerah hulu agar aliran yang sampai ke hilir, lancar (mengalir sesuai kemiringannya).

“Kegiatan gerebrek Lumpur ini akan dilaksanakan sampai ke hilir. Total panjang pengerukan Kali Sekretaris Tahun 2020 adalah 2.300 meter. Dengan total yang sudah dikeruk tahap I (Perbatasan Jakbar sama Jalan Panjang) adalah 1.600 meter. Sedangkan rencana tahap II adalah 700 meter (Jalan Panjang sampai Jalan Sasak I) yang saat telah dikerjakan di titik tengah yaitu Jalan Sasak III sampai dengan Jalan Sasak I, “terang Purwanti Suryandari. (Dadan Hardian) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in DKI Jakarta