Connect with us

fear

Vanuatu Jangan Ikut Campur Urusan Papua

Sylvany Austin Pasaribu

Uniting Indonesia.com, Jakarta –
“Sangat memalukan bahwa Negara satu ini selalu memiliki obsesi berlebihan mengenai bagaimana Indonesia bertindak atau memerintah negaranya sendiri,” ujarnya di akun Youtube PBB saat berpidato, Senin (28-09-2020).

Sylvany Austin Pasaribu menyebut tindakan Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman, sangat memalukan.
Pada sesi Debat Umum dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) ke-75,
Diplomat Perutusan Tetap RI (PTRI) New York ini juga meminta Vanuatu jangan campur persoalan Papua.

Ya, Indonesia menjawab telak tuduhan Bob Loughman yang mengatakan pelanggaran HAM di wilayah Papua Barat semakin meluas.

“Pelanggaran HAM di sekitar kita telah terjadi secara meluas dan sepertinya dunia mengambil langkah selektif dalam penanganan pelanggaran ini di wilayah kita. Warga di Papua Barat terus menderita atas kekerasan HAM yang terjadi,” ujar Loughman dalam rekaman pidato, Sabtu (26-09-2020).

Di hadapan para anggota PBB lainnya, diplomat perempuan Indonesia itu kembali mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo pada pidato SMU PBB ke-75, terkait pentingnya menghormati kedaulatan negara lain.

“Presiden Indonesia menyatakan beberapa hari yang lalu di Balai Besar PBB ini dan saya kutip “Kita harus mengedepankan pendekatan win-win yang akan menjadi hiasan di antara negara adalah keuntungan yang sama. Memang seruan seperti itu digaungkan oleh para pemimpin dunia sepanjang minggu yang penting ini. Tetapi negara cuek ini memilih yang sebaliknya,” tegas Sylvany Austin Pasaribu. (Dadan Hardian)

.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in fear